Irwasum Polri buka Pelatihan Kapabilitas APIP TA. 2023

Sumbar,Dutadolomite.com — Irwasum Polri Komjen Pol Drs. H. Ahmad Dofiri, M.Si membuka pelatihan Kapabilitas Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) TA. 2023 di lingkungan Polda Sumbar.

Pembukaan pelatihan Kapabilitas APIP ini ditandai oleh pemukulan gong oleh Komjen Pol Ahmad Dofiri, yang disaksikan oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono, S.Ik. SH, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, dan Kepala Sektetariat Saber Pungli Pusat Brigjen Pol Bambang Pristiwanto, Kamis (25/5) di Aula Istana Bung Hatta, Bukittinggi.

Dalam sambutannya, Komjen Pol Ahmad Dofiri menjelaskan terkait good governance dan clean governance. Yakni tata kelola pemerintah yang baik dan pemerintah yang bersih. “Kita melakukan hal-hal yang baik dengan cara-cara yang benar,” kata Irwasum Polri.

Dikatakan, pada pemeriksaan pelaksanaan tugas dahulunya disebut Wasrik dan sekarang telah diganti dengan nama Audit Kinerja.

Bagi petugas APIP, mereka adalah penjamin kualitas dalam hal operasional, di bidang pengelolaan SDM, di bidang anggaran keuangan dan pengelolaan logistik.

“Jadi jika anda tidak bisa sebagai penjamin kualitas, berarti anda bukan seorang APIP yang baik,” ujarnya.

Selain penjamin kualitas kata Komjen Pol Ahmad Dofiri, selain bertugas sebagai APIP, petugas APIP juga sebagai konsultan.

Oleh karena itu lanjut Irwasum Polri, APIP harus ditingkatkan kapabilitasnya terkait kapasitas kewenangannya. “Juga harus diasah dari sisi kemampuannya termasuk integritas,” pungkasnya.

Dalam pembukaan pelatihan APIP TA 2023, dihadiri oleh Pejabat Utama Polda Sumbar dan Kapolres sejajaran Polda Sumbar.

Sedangkan peserta pelatihan APIP ini diikuti oleh seluruh Kasiwas Polres sejajaran Polda Sumbar.(*)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *