Malam Puncak Lomba Menari Minang Pentas Seni Bungo Tanjuang Untuk Pelajar Tingkat Sumatera Barat, Irwan Basir Serahkan Piala Bagi Pemenang

Irwan Basir Ketua DPD LPM Kota Padang (Foto Ist)

Padang,Dutadolomite.com. – Ketua DPD Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Padang mengatakan Lomba kesenian tari minang yang digelar oleh Pentas Seni Bungo Tanjuang adalah ajang pencarian bakat dalam melestarikan budaya minang dalam bentuk seni tari. Ini adalah bentuk kegiatan yang dapat melahirkan generasi muda Minang Kabau untuk mencintai budaya kearifan lokal yang dimiliki oleh daerahnya.

” Saya sangat mendukung kegiatan lomba menari minang ini. Kegiatan yang digelar oleh pentas seni Bungo Tanjuang ini merupakan kegiatan yang bisa melestarikan budaya kesenian minang disamping sebagai ajang mencari bakat bagi generasi muda minang untuk mencintai budaya kearifan lokal dalam bentuk seni tari. Kegiatan ini juga dapat melahirkan generasi yang nantinya akan melestarikan budaya minang yang kita cintai ini,”

Demikian disampaikan oleh Irwan Basir pada malam puncak penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba Penari Minang Tunggal, Berpasangan, Bergroup dan Fashion Show pakaian muslim untuk pelajar Tingkat TK, SD, SMP dan SMA Tingkat Sumatera Barat pada Minggu malam 13/11/2022 di Aula Museum Adityawarman yang digelar oleh Pentas Seni Bungo Tanjuang.

Lebih lanjut disampaikan selaku ketua DPD LPM Kota Padang dirinya sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang bersifat positif dan bermanfaat bagi generasi kedepan. Anak-anak kita yang malam ini ikut berlomba adalah penerus dan pengganti kita nantinya untuk melestarikan budaya kesenian minang dan mempertahankannya agar budaya ini tidak hilang oleh perkembangan zaman.

“Atas nama Ketua DPD LPM Kota Padang saya sangat mendukung kegiatan yang bersifat positif dan bermanfaat bagi generasi ke depan. Siapa lagi yang akan menggantikan kita untuk mempertahankan budaya kesenian Minang ini kalau bukan mereka. Jadi anak-anak kita yang malam ini ikut berlomba adalah penerus dan pengganti kita nantinya untuk melestarikan budaya kesenian minang dan mempertahankannya agar budaya ini tidak hilang oleh perkembangan zaman,” ungkap tokoh yang juga Ketua Dekopinda Kota Padang ini.

Irwan Basir juga mengatakan untuk bisa melahirkan generasi berbakat dan mencintai budaya leluhurnya tidak bisa dilakukan secara instan, tapi butuh pelatihan dari sedini mungkin untuk memperkenalkan budaya nenek moyangnya agar mereka dapat mengenalnya dan mempelajarinya. Kalau tidak, kesenian budaya Minang ini nantinya bisa hilang oleh pengaruh budaya asing yang yang lebih modern tapi jauh dari kepribadian kita selaku orang beradat dan beragama.

“Dalam melahirkan generasi berbakat yang mencintai budaya leluhurnya sendiri tidak bisa dilakukan secara instan, tapi butuh pelatihan dan pengetahuan dari sedini mungkin untuk memperkenalkan budaya nenek moyangnya agar mereka dapat mengenalnya dan mempelajarinya. Kalau tidak, kesenian budaya Minang ini nantinya bisa hilang oleh pengaruh budaya asing yang kini gencar menyerang dan lebih modern tapi jauh dari kepribadian kita selaku orang beradat dan beragama.

Terakhir Irwan Basir mengucapkan selamat kepada para pemenang dan untuk kedepannya tetap mempertahankan dan melestarikan kesenian tari minang yang menjadi kebanggaan orang minang Sumatera Barat. Pada kesempatan itu Irwan Basir juga berkesempatan menyerahkan piala bagi para pemenang lomba.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.